Beberapa Penyakit Berbahaya di Dunia

KANKER

Kanker adalah penyakit yang paling terkenal mematikan. Merupakan penyakit sel tubuh yang tumbuh dengan cepat . Pada dasarnya setiap orang mempunyai sel kanker di dalam tubunya. Sel-sel kanker ini tidak terlihat dalam tes standar sehingga mereka berkembangbiak menjadi bermilyar-milyar. Ketika dokter mengatakan bahwa tidak ada lagi sel kanker di dalam tubuh penderita kanker sesaat setelah perawatan, itu berarti bahwa tes kanker yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker karena sel kanker tersebut tidak sampai pada jumlah yang dapat diprediksi.

Penyakit kanker merupakan kumpulan lebih dari 100 macam penyakit yang ada dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, penyakit kanker ini merupakan penyakit yang bukan disebut sebagai penyakit tunggal saja. Penyakit kanker disusun oleh tubuh yang kemudian membentuk banyak sel. Hal ini kemudian dapat menyebabkan manusia dapat membentuk sel kanker sebanyak jumlah sel yang ada pada manusia tersebut.

Penyakit kanker ini biasa terjadi melalui beberapa tahap yang memerlukan waktu cukup lama. Faktor-faktor-faktor yang bisa menyebabkan sel kanker tumbuh pada manusia di antaranya faktor lingkungan, kimia, fisika, radiasi, ionisasi, serta virus. Selain faktor-faktor tersebut , faktor lain seperti misalnya kondisi dalam tubuh manusia juga dapat menjadi penyebab terjadinya sel kanker tumbuh . Misalnya saja terganggunya sistem imun dalam tubuh manusia tersebut.

Setiap tahun kasus dan kematian karena kanker meningkat satu persen. Angka ini akan meningkat lebih tajam khususnya di Negara Cina, Rusia dan India. Artinya, kasus kanker akan seperti ‘jamur di musim hujan’ dengan mencapai 27 juta penderita di tahun 2030, dengan angka kematian 17 juta orang.

Kanker merupakan penyebab utama kedua kematian orang dewasa di belahan Barat, dan merupakan salah satu penyebab utama kematian anak-anak akibat penyakit yang berumur antara 1 hingga 14 tahun. Meskipun demikian, penyakit ini jarang menyerang orang muda. Di Inggris Raya, kanker menyerang kira-kira 1 dari antara 650 anak-anak.

Kanker yang paling banyak menimbulkan korban di Eropa dan Amerika Serikat adalah kanker paru-paru, usus besar (kolorektal), payudara, prostat, dan perut. Jika digabungkan, setengah dari seluruh jumlah kematian akibat kanker disebabkan kanker jenis ini. Mereka sekaligus, bersama-sama dengan kanker kulit, merupakan jenis kanker yang paling umum menyerang manusia. Kanker kulit adalah kanker pertama atau kedua yang paling umum di banyak negara Barat seperti Amerika Serikat, Australia, dan Inggris Raya. Untung saja kanker kulit, kecuali melanoma maligna (jenis yang paling jarang tetapi yang paling hebat), jarang berakibat fatal.

JANTUNG

Penyakit Kardiovaskular (CVD) merupakan istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit vaskular perifer (PVD).

Definisi CVD juga menyangkut penyakit lain seperti rheumatic heart disease (kerusakan jantung akibat rematik) dan penyakit jantung congenital (kerusakan bentuk struktur jantung sejak lahir). CVD berhubungan dengan kondisi seperti serangan jantung (MI), angina dan stroke. Pada penyakit CHD dalam arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung mengalami penyempitan dan beberapa kasus aliran darah terblokir.

Terblokirnya aliran darah menyebabkan oksigen tidak dapat disalurkan dengan baik ke otot-otot jantung. Apabila oksigen tidak dapat disalurkan dengan baik ke otot-otot jantung, akibatnya jantung akan menjadi lemah dan tidak dapat menyediakan darah ke seluruh bagian tubuh, pada akhirnya orang menderita penyakit jantung akan meninggal.

Diperkirakan 17 juta orang meninggal setiap tahun akibat CVD. Satu kematian terjadi akibat CVD setiap dua detik, satu orang meninggal dalam setiap lima detik akibat serangan jantung. Dari 17,5 juta kematian akibat CVD yang terjadi pada tahun 2005, sekitar 7,6 juta diantaranya terjadi karena penyakit jantung koroner dan 5,7 juta karena stroke. Dari sekitar 10 juta orang di seluruh dunia yang selamat dari stroke setiap tahunnya, lebih dari 5 juta diantaranya mengalami cacat permanen sehingga membebani keluarga dan masyarakat. Kematian global akibat CVD diperkirakan mencapai sekitar 25 juta pada tahun 2020.

DIABETES

Penyakit diabetes merupakan salah satu dari lima penyakit berbahaya di dunia, oleh karena itu wajarlah banyak orang yang takut akan penyakit ini. Menurut laporan WHO, jumlah kematian akibat penyakit diabetes adalah sebanyak 3,2 juta orang per tahun. Artinya setiap menit, 6 orang meninggal akibat penyakit diabetes.

Diabetes melitus atau sering disebut sebagai kencing manis adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak bisa mengontrol kandungan gula darah (glukosa), yang normalnya 60-120 mg/gl. Glukosa merupakan hasil penyerpan oleh tubuh yang kemudian akan diubah menjadi sumber energi. Pada penderita diabetes melitus kadar glukosa ini terus meningkat sehingga terjadi penumpukkan. Pengaturan glukosa yang tak terkendali diakibatkan oleh terganggunya fungsi pankreas. Pada pankreas terdapat sel kecil khusus yang dinamakan sel beta atau juga dikenal juga sebagai ‘pulau-pulau Langerhans’, yang menghasilkan hormon insulin. Hormon inilah yang menjadi kunci pengatur pengiriman glukosa ke seluruh tubuh.

Diabetes melitus terdiri dari 2 tipe. Tipe pertama adalalah dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormone insulin. Sehingga penderitanya harus menggunakan suntikan insulin untuk mengatur gula sarahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak dan remaja. Diabetes tipe dua, yaitu dimana tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s