Apa itu PLATO (keadaan datar) pada Program Penurunan Berat Badan?

plato
Plato (datar) pada program penurunan berat badan adalah kondisi dimana berat anda berada pada kondisi menetap dan mencapai kestabilan (plato). Kondisi ini menurut David B. Katzin, M.D., PhD. adalah merupakan pertanda yang baik.

Minggu pertama dari diet penurunan berat badan dengan pengaturan kalori adalah mudah. Minggu kedua dan ketiga umumnya tidak terlalu sulit juga. Tetapi sekitar minggu keempat atau kelima, tampaknya timbangan tidak juga berubah bagi beberapa orang !.

Anda telah mencapai kestabilan (PLATO) penurunan berat badan anda yang pertama. Plato (saat berat badan Anda menetap) adalah NORMAL. Tentu saja, plato sangat mengesalkan sampai-sampai banyak orang meninggalkan upaya penurunan berat badan mereka. Tetapi ternyata PLATO adalah tanda positif. Itu adalah tanda dari tubuh Anda bahwa Anda telah menghilangkan lemak tubuh, tetapi bukan berat badan.

Pernyataan terakhir ini mungkin terdengar bertentangan. Bagaimana mungkin seseorang kehilangan lemak tubuh tetapi tidak kehilangan berat badan? Jawabannya adalah bahwa ditempat Anda kehilangan lemak, tubuh Anda sekarang menahan air (walaupun sebelumnya Anda kehilangan sejumlah air). Sampai air yang ditahan itu hilang, timbangan tidak akan mencapai tujuan akhir Anda.

Perlu dicatat bahwa timbangan tidak dapat membedakan antara berat lemak dengan berat air. Sulitnya Anda tidak dapat melihat keadaan dalam tubuh Anda, tetapi Anda dapat mempelajari apa yang sedang terjadi dan mengapa.

Tubuh manusia seperti makanan yang kita makan, terdiri dari nutrient : protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Bila berat badan Anda 150 pon (67,5 Kg), tubuh Anda terdiri dari 90 lbs (40,5 Kg) air, 30 lbs (13,5 Kg) lemak dan 30 lbs (13,5 Kg) nutrient lainnya. Seperti Anda lihat, Anda dan setiap orang lainnya adalah sebagian “BASAH”, air tidak hanya ada dalam darah, banyak dari cairan tubuh adalah bagian dari konfigurasi kimia dari sel, jaringan dan organ. Otot misalnya, mengandung banyak air dalam strukturnya. Umumnya, 10 pon dari jaringan otot mengandung 4 pon air. Bahkan jaringan lemak terdiri dari 15% air, jadi 7 pon lemak mengandung kira-kira 1 pon air. Bila anda makan kalori lebih sedikit dari pembakaran, tubuh Anda harus mendapatkan energi dari sumber lain dan suber itu adalah Anda sendiri. Saat kehilangan berat badan, sebenarnya Anda mengkonsumsi lemak dan protein Anda sendiri, untuk mendapatkan energi (kalori) yang Anda butuhkan. Sebagai akibatnya, Anda “MEMAKAN” diri Anda sendiri.

Selama minggu-minggu pertama program penurunan berat badan, tubuh Anda cenderung menggunakan banyak protein dari otot dan jaringan organ daripada selama minggu selanjutnya dimana tubuh Anda menjadi lebih selektif dan hanya menggantungkan diri terutama dari gudang lemak.

Saat jaringan protein dan lemak tubuh digunakan umtuk energi, air dalam jaringan-jaringan tersebut umumnya menetap selama beberapa saat. Dengan kata lain, Anda menjadi “GUDANG AIR”. Inilah yang menyebabkan periode Plato. Tubuh seperti beristirahat sebelum turun lagi ke berat badan yang lebih rendah.

Untuk melihat timbangan menurun, Anda mungkin ingin membantu tubuh Anda menghilangkan berat badan. Anda dapat melakukannya dengan mengurangi asupan garam. Berusahalah untuk mengurangi jumlah garam dalam masakan dan jangan menaruh garam meja di meja makan. Kurangi bumbu-bumbu seperti asinan, selai, kecap dan kecap asin. Sebagai ganti bumbu-bumbu bergaram, cobalah saus apel, persik dan buah lain untuk mempersedap daging. Gunakan lemon, rempah-rempah untuk menambah rasa, tetapi hindari monosodium glutamate (penyedap rasa MSG). Hindari makanan berkaleng bergaram.

Bila fluktuasi penurunan berat badan mengesalkan, itu hanyalah sementara. Uji keberhasilan yang sebenarnya dari diet adalah “UJI CUBIT” bukan angka timbangan. Yaitu seberapa banyak lemak sebenarnya yang hilang, bukan berapa banyak protein dan air yang Anda hilangkan, yang membuat Anda lebih sehat!

Waspadai Hal-hal yang Menghambat Hasil Penurunan Berat Badan Anda, diantaranya :

1. Kurang minum air putih. Lemak yang sudah terbakar harus dibilas keluar dari tubuh dengan banyak minum air putih. Air putih adalah kunci metabolisme lemak. Kurang air? Berat badan tidak turun
2. Obat-obatan. Seperti pil KB, hormon estrogen dan sebagainya yang membuat penurunan berat badan menjadi sulit dan lambat.
3. Tidak mengikuti program dengan benar. Jika ingin turun berat badan, harus makan 1 kali, minum shake minimal 2 kali sehari, disiplinkan diri Anda!
4. Terlalu banyak konsumsi : Alkohol, gula, lemak, garam.

Seringkali, bila berat badan Anda tidak berkurang dalam takaran kilogram, mungkin ukuran tubuh Anda berkurang dalam centimeter. Secara fisik bisa saja tubuh anda terlihat lebih ramping namun berat badan tidak turun. Hal ini juga merupakan salah satu pertanda baik dari keberhasilan program penurunan berat badan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s