Tips Ngemil yang Sehat

ngemil
Ngemil atau kegiatan memakan makanan ringan secara terus menerus memiliki banyak alasan mengapa banyak orang melakukannya. Alasan tersebut bisa jadi karena alasan psikologis atau juga alasan secara biologi dimana kebutuhan akan nutrisi dalam tubuh masih kurang sehingga merangsang untuk mencari pemenuhan kebutuhan dari sumber lain dengan cara mengemil. Bagi sebagian orang terutama wanita, ngemil bisa menjadi tempat pelarian saat kondisi psikologisnya kurang bagus. Ditinggal pacar, masalah perkuliahan, stress akibat pekerjaan sampai dengan emosi yang meningkat akibat lingkungan yang kurang nyaman bisa menjadi alasan melakukan aktivitas ngemil. Beberapa orang baik pria ataupun wanita menganggap kegiatan ngemil sebagai pelengkap dari aktivitas lainnya, kumpul bersama teman, menonton bola, menonton film tidak lengkap rasanya jika tidak ada cemilan.

Menurut beberapa pendapat, ngemil itu bisa menjadi sehat jika dilakukan dengan cara yang benar. Berikut beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber agar aktivitas ngemil anda menjadi sehat :

1. Batasi jumlah kandungan kalori dalam cemilan Anda

Dalam sehari wanita membutuhkan sekitar 1.500-1.800 Kkal makanan (tergantung usia, berat, tinggi badan, dan aktivitas fisik). Padahal, setiap kali makan (pagi, siang, malam) saja kita sudah menelan 3 kali 500 Kkal. Jadi, begitu makan camilan, Anda harus ‘terima risiko’, yaitu mengurangi porsi makan Anda dari porsi biasa (tanpa ngemil). Kebutuhan kalori pria sedikit lebih banyak dari wanita, namum pembatasan jumlah kalori dalam cemilan sangat baik untuk mencegah aktivitas ngemil menjadi tidak sehat.

2. Pastikan bahwa Anda memang lapar

Terkadang tubuh tidak bisa membedakan, lapar atau cuma haus. Nah, cari tahu dengan minum segelas air. Tunggu selama 30 menit, dan lihat apakah Anda masih lapar. Kalau ya, bolehlah Anda ngemil sedikit. Kalaupun hanya karena lapar dan rasa itu hilang setelah meminum segelas air maka tidak perlu dilanjutkan dengan ngemil. Jadi aktivitas minum bisa juga salah satu cara untuk menghindari keinginan ngemil.

3. Jangan terlambat makan siang

Makan siang yang terlambat bisa membuat Anda merasa lapar tiga jam kemudian, hal ini tentunya merangsang Anda untuk melakukan aktivitas ngemil di sore hari untuk memenuhi rasa lapar ini.

4. Hindari camilan ‘ranjau’

Permen cokelat, keripik kentang, biscuit dan kue adalah camilan yang mudah sekali ditemukan di minimarket. Tapi kebanyakan ‘berbahaya’ dan tidak sehat, karena mengandung karbohidrat sederhana, lemak, dan garam dalam jumlah tinggi. Biasakan memilih camilan sehat, yakni yang rendah lemak, berprotein tinggi, dan indeks glisemik (kandungan gula)-nya rendah. Berbagai pilihan cemilan sehat yang bisa anda pilih antara lain buah, yoghurt, milkshake buah dan lainnya.

5. Karbohidrat vs protein

Camilan tinggi karbohidrat akan membuat Anda mengantuk. Jika butuh suntikan energi di sore hari, lebih baik pilih camilan yang tinggi protein atau camilan yang berserat tinggi, seperti buah potong. Camilan jenis ini tahan lama dicerna dalam perut, sehingga perut Anda bisa bertahan kenyang dalam waktu cukup lama. Cemilan dengan kandungan karbohidrat tinggi bisa jadi malah membuat anda tidak sehat, karena kelebihan energi yang berasal dari cemilan ini akan disimpan oleh tubuh anda dalam bentuk lemak, membuat berat badan anda semakin tidak terkendali.

Herbalife dengan segala kelengkapan gizinya sedikit banyak mampu mencegah Anda dari keinginan ngemil. Nutritional Milk Shake (NSM) yang dibuat dari beberapa bahan alami dan merupakan nutrisi lengkap sangat cocok bagi Anda yang ingin sehat dan menjaga berat badan. Selain nutrisi Anda terpenuhi Anda pun bisa juga terhindar dari aktivitas ngemil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s