Seputar Fakta Buah dan Sayur

buah dan sayur
>> Durian yang dikonsumsi bersama minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pencernaan, usus menjadi panas karena durian matang mengandung alkohol sangat tinggi dan ketika bercampur zat berkarbonat pada minuman soda akan membuat perut terasa panas.

>> Jangan mengkonsumsi buah jeruk saat sakit maag, hal ini karena buah jeruk dapat meningkatkan kadar asam lambung.

>> Sering mengkonsumsi bengkuang akan menyebabkan kulit menjadi lebih putih, hal ini karena bengkuang mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari.

>> Memakan buah salak mampu mengurangi sembelit karena buah ini mengandung jumlah serat yang banyak terutama jika dimakan dengan kulit arinya.

>> Mengkonsumsi alpukat mampu mengurangi menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini karena buah alpukat mengandung beta-sitosterol yang cukup melimpah.

>> Jeruk nipis yang ditambahkan pada makanan bersantan mampu menghindari kolesterol. Air asam pada jeruk nipis mampu memecah lemak dan mudah dilarutkan dalam air didalam pencernaan.

>> Mengkonsumsi buah pisang secara rutin mampu membantu mengurangi rokok, hal ini karena kandungan vitamin C, A1, B6, B-12 dalam pisang tergolong tinggi, demikian kandungan potassium dan magnesiumnya yang mampu membantu tubuh memulihkan tubuh dari pengaruh akibat penarikan nokotin.

>> Mentimun yang dimakan berbarengan dengan makanan yang dipanggang mampu mengurangi efek karsinogenik, hal ini karena mentimun mengandung antikarsinogenik dan flavonoid yang mampu memproteksi tubuh dari kanker.

>> Kandungan serat pada bayam sebesar 20% dari kebutuhan serat berdasar AKG, sehingga sayur bayam cukup baik untuk membantu pencernaan, membantu sembelit, mempertahankan gula darah dan mengurangi makan berlebihan.

>> Alpukat memiliki kandungan lemak 20 kali lebih tinggi dari rata-rata lemak pada buah lain, namun aman karena sebagian besar lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak sehat.

>> Penyakit maag mampu dikurangi dengan buah pisang, teksturnya yang lembut dan lunak sangat aman bagi lambung dan mampu menetralkan kelebihan asam lambung serta mengurangi iritasi dengan cara melapisi dinding lambung.

>> Air jeruk nipis yang didiamkan selama satu malam dalam teko keramik mampu menghilangkan noda cokelat, hal ini karena kandungan asam dalam jeruk nipis tersebut.

>> Alpukat merupakan sumber caratenoid lutein yang baik, yang dikenal mempu mengurangi macular degeneration dan katarak akibat penuaan.

>> Buah cokelat mampu memperbaiki mood, hal ini karena cokelat mengandung banyak kafein, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine yang dikenal sebagai obat anti depresi.

>> Mengkudu mampu mengurangi penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, hal ini karena buah mengkudu mengandung suatu zat bernama scopoletin yaitu zat yang mampu mengikat serotonin yang merupakan zat kimiawi penting bagi tubuh. Scopoletin memiliki efek melebarkan pembuluh darah sekaligus mampu membunuh bakteri dan jamur serta dapat dijadikan sebagai anti radang dan anti alergi.

>> Nanas sering dimasak dengan masakan daging untuk membuatnya empuk, hal ini karena buah nanas mengandung enzim bromelin yang mampu mengurai protein sehingga membuat serat daging menjadi lebih empuk.

>> Mengkonsumsi sayur bayam secara rutin mampu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, karena kandungan vitamin K yang sangat tinggi pada sayur bayam mempu membentuk sintesis osteocalcin, yakni protein yang penting dalam menjaga kekuatan tulang.

>> Perut yang terasa panas mampu diredakan dengan mengkonsumsi buah pisang, hal ini karena adanya efek antacid pada buah pisang tersebut.

>> Urutan buah dengan kandungan vitamin C tertinggi : Jambu biji (183 mg/100 gr); Kiwi (100 mg/100 gr); Kelengkeng (84 mg/100 gr); Pepaya (62 mg/100 gr); Jeruk (53 mg/100 gr); Melon (42 mg/100 gr); Anggur (34 mg/100 gr); Jeruk Mandarin (31 mg/100 gr); Sukun (29 mg/100 gr); Mangga (28 mg/100 gr); Nanas (15 mg/100 gr); Pisang (9 mg/100 gr); Alpukat (8 mg/100 gr).

>> Air kelapa cocok mendukung program diet anda, karena air kelapa memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah.

>> Buah pisang mampu mengontrol gula dalam darah, hal ini karena kandungan vitamin B6 dalam buah pisang yang cukup tinggi.

>> Sering menkonsumsi brokoli mampu mengurangi resiko kanker, hal ini karena brokoli mengandung zat antioksidan. Betakaroten dalam brokoli juga mampu mencegah kanker usus besar dan payudara.

>> Wortel yang dikonsumsi secara teratur mampu meningkatkan daya penglihatan, hal ini karena wortel kaya akan beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina , untuk rhodopsin, yaitu pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan diwaktu malam.

>> Masker buah semangka mampu meremajakan kulit mengurangi ukuran pori-pori, hal ini salah satunya karena kandungan vitamin A dalam semangka.

>> Mengkonsumsi buah papaya 3 kali sehari sangat aman bagi penderita diabetes, karena meskipin manis namun buah papaya memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada buah lain.

>> Meminum air kelapa mampu membuat tubuh lebih bertenaga, hal ini karena air kelapa mengandung potassium, protein, gula dan mineral yang cukup baik untuk memulihkan energi.

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s