10 Kebiasaan Makan yang Buruk

kebiasaan makan buruk
Makan merupakan aktivitas rutin yang tidak bisa dihindari. Manusia butuh makan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi agar bisa mempertahankan hidup dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan buruk dalam melakukan aktivitas makan yang perlu dihindari. Berikut ulasannya :

1. Makan Terlalu Cepat
Makan terlalu cepat dapat menyebabkan masalah besar pada perut anda. Saat anda makan terlalu cepat, secara bersamaan udara dalam perut ditekan berlebihan sehingga menyebabkan perut menjadi kembung. Selain itu dipastikan juga bahwa makanan yang dimakan tidak dikunyah secara baik, hanya air liur yang diberi kesempatan menghancurkan makanan. Padahal menghancurkan makanan secara fisik dengan gigi lebih penting. Kebiasaan ini menyebabkan saluran pencernaan akan bekerja lebih keras lagi mencerna makanan sehingga bisa menyebabkan gangguan. Kebiasaan makan cepat tidak memberikan kesempatan otot perut memberikan pesan bahwa kita sudah kenyang sehingga potensi makan berlebihan dapat terjadi dan menyebabkan kelebihan berat badan. Setidaknya dibutuhkan waktu 20 menit untuk memperoleh pesan bahwa perut anda sudah kenyang.

2. Mengabaikan Sarapan Pagi
Mengabaikan sarapan pagi dapat mengakibatkan keadaan tidak nyaman saat menyongsong hari dan membutuhkan makanan berlebih di siang hari. Sepanjang malam kadar gula dalam darah biasanya menurun sampai pada waktunya anda sarapan, tidak makan pagi menyebabkan kehampaan pada otak Anda. Pada saat pagi kecakapan memori Anda meningkat dan membutuhkan energi agar optimal, tidak sarapan pagi menyebabkan kurangnya pemenuhan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari.

3. Kebiasaan Makan di Malam Hari
Pada saat malam metabolisme tubuh Anda melemah dan pembakaran menjadi lebih lambat. Makan di malam hari menyebabkan tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi. Disamping itu kebiasaan ini akan tetap membangunkan organ pencernaan. Walaupun Anda tidur namun organ pencernaan akan bekerja sepanjang malam sehingga mengakibatkan kerja keras organ ini untuk keesokan harinya. Kalori yang masuk pun akan cendrung disimpan dalam bentuk lemak tubuh karena tidak digunakan untuk beraktivitas.

4. Merokok Setelah Makan
Kebiasaan ini sangat membahayakan bagi kesehatan. Para ilmuwan membuktikan dalam penelitiannya bahwa merokok setelah makan sebanding dengan merokok sepuluh batang yang berarti memperbesar kemungkinan terkena kanker. Hilangkan kebiasaan ini agar hidup anda menjadi lebih sehat.

5. Makan Buah Setelah Makan
Persepsi makan buah setelah makan sudah lazim di Indonesia dan cendrung menjadi kebiasaan. Makan buah setelah makan makanan utama dijadikan momen untuk membersihkan mulut. Padahal kebiasaan ini tidak akan memberikan manfaat sama sekali. Tubuh memerlukan waktu yang cukup lama (5-8 jam) untuk mencerna makanan utama sehingga saat buah di makan paling akhir berarti sudah terlambat untuk dicerna dan nutrisinya tidak terserap dengan baik. Yang terbaik adalah makan buah saat perut kosong sebelum makan karena buah-buahan lebih cepat dicerna daripada karbohidrat. Beri jeda 15 menit barulah kemudian diikuti dengan mengkonsumsi makanan utama.

6. Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Manis
Makanan yang manis merupakan sumber kalori yang baik. Berlebihan mengkonsumsi makanan manis tentu saja akan memberikan intake kalori yang berlebih sehingga terjadi potensi kelebihan berat badan. Orang bisa mejadi gemuk bukan hanya karena kandungan kalori dalam gula, tetapi juga akibat terganggunya keseimbangan hormon yang menyebakan ketidakseimbangan metabolisme dalam tubuh. Diabetes merupakan konsekuensi yang paling nyata akibat kebiasaan ini.

7. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Mentah
Sebenarnya mengkonsumsi makanan dan sayuran mentah terlalu banyak berarti memberikan banyak peluang bagi gangguan kesehatan Anda akibat bakteri yang terdapat dalam makanan. Memasak makanan dengan cara tepat akan membunuh kuman serta bakteri yang terkandung di dalamnya merupakan cara terbaik untuk mencegah bahaya ini.

8. Kurang Minum Air Putih
Tahukah Anda bahwa saat Anda merasa haus berarti Anda sudah mengalami dehidrasi? Air merupakan kebutuhan kedua setelah oksigen, namun banyak diantara kita yang mengabaikan minum air dan membiarkan diri kita megalami dehidrasi ringan sepanjang hari. Efek dari dehidrasi adalah membuat kita merasa lapar, lelah dan kurang konsentrasi. Minum air yang cukup mampu menghindarkan Anda dari dehidrasi dan membantu dalam mengendalikan nafsu makan serta menurunkan berat badan.

9. Makan Banyak Saat Hati Kurang Nayaman
Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang cendrung makan lebih banyak saat hati kurang nyaman. Banyak diantara mereka mengkonsumsi karbohidrat berlebih saat kurang tenang dan dalam kondisi tertekan. Hal ini tentu saja menyebabkan intake kalori berlebih sehingga berat badan tak terkendali.

10. Makan Berlebih di Akhir Pekan
Banyak dari kita yang merasa berhasil mempertahankan diet seimbang sepanjang minggu dan kemudian merayakannya dengan makan banyak di akhir pekan. Hal ini bukanlah cara yang baik karena menyebabkan kerja organ di akhir pekan tidak seperti biasanya. Kalori pun kenumpuk dan cenderung mengembalikan berat badan Anda saat sebelum program diet dimulai. Pola makan konstan lebih baik ketimbang pola seperti ini.

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s