Manfaat Olahraga Renang

renang
Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang tidak asing lagi didengar. Saat ini olahraga renang sudah menjadi gaya hidup sebagian orang didukung oleh fasilitas yang memadai baik berupa fasilitas umum maupun pribadi. Disamping karena merupakan hobi bagi orang tertentu, renang juga merupakan olahraga yang telah menjadi kebutuhan karena mengandung beberapa manfaat sekaligus bagi kesehatan. Berikut uraian beberapa manfaat olahraga renang :

Menyehatkan Jantung
American Hearth Association (AHA) melaporkan bahwa dengan melakukan latihan renang selama 30 menit perhari maka dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30-40%. Renang merupakan jenis olahraga aerobik yang lebih baik dari sekedar berjalan kaki. Selama renang kita dituntun untuk mengatur pola pernafasan dengan baik, ditambah dengan gerakan dalam renang yang mengakibatkan permintaan oksigen lebih banyak sehingga jantung juga dilatih untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh menjadi lebih cepat dari biasanya.

Mengontrol Berat Badan
Saat ini telah diakui bahwa olahraga renang merupakan olahraga yang cukup banyak membakar kalori. Sedikit diluar logika karena suhu air kolam renang lebih rendah daripada suhu tubuh kita sehingga akan sangat sulit melakukan pembakaran kalori selama berenang. Hal ini ternyata salah, karena dinginnya air kolam renang tidak akan mengurangi kemampuan tubuh membakar kalori akibat gaya renang yang dilakukan oleh Anda. Singkatnya efek dinginnya air tidak sebanding dengan efek pembakaran kalori akibat gaya renang yang Anda dilakukan. Secara umum, untuk setiap 10 menit gaya dada yang dilakukan maka akan mampu membakar sebanyak 60 kalori, gaya punggung 80 kalori, gaya bebas 100 kalori dan gaya kupu-kupu sampai dengan 150 kalori.

Mengurangi Gejala Arthritis
Olahraga renang mampu mengurangi resiko arthritis (radang sendi), diakibatkan oleh kemampuan air mengurangi kerja sendi dalam menopang berat badan. Ketika kita berada dalam air, maka secara otomatis tubuh akan menjadi lebih ringan. Ketika kita menenggelamkan tubuh sampai batas pinggang, maka sendi hanya akan menanggung beban 50% dari beban tubuh. Jika kita menenggelamkan tubuh sampai batas leher, hanya 10% berat tubuh yang di tanggung, sedangkan sisanya telah ditangani oleh air. Hal ini bebarti bahwa kolam renang menyediakan tempat yang ideal untuk bekerjanya otot dan sendi yang kaku. Apalagi jika kolam dalam keadaan hangat maka akan lebih membantu dalam melonggarkan sendi-sendi yang kaku. Hal ini lama kelamaan akan mengurangi gejala radang sendi atau arthritis. Selain itu telah diakui pula bahwa olahraga renang mampu meningkatkan kekuatan tulang, terutama bagi wanita yang telah mengalami menopause.

Mengurangi Resiko Diabetes
Bagi Anda yang terkena penyakit diabetes tipe 1, berenang akan sangat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. American Diabetes Association menyatakan bahwa penderita diabetes disarankan setidaknya mendapatkan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu untuk membantu mengontrol glikemik/gula darah dalam tubuh. Olahraga yang disarankan berupa renang atau berjalan kaki. Dengan melakukan 30 menit olahraga renang sebanyak 3 kali dalam semingu, berarti anda telah membakar sekitar 900 kalori, dimana ini telah mengurangi 10% resiko diebates tipe 2.

Memperbaiki Kadar Kolesterol
Kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL) bisa diseimbangkan dengan melakukan olahraga renang secara rutin. Dengan pola olahraga aerobik ini, keseimbangan kedua jenis kolesterol tersebut mampu diperoleh dengan meningkatkan kadar HDL. Untuk setiap kenaikan 1% kolesterol HDL maka resiko kematian akibat penyakit jantung akan turun sebesar 3.5%.

Mengurangi Gejala Asma
Bagi Anda penderita asma, sesaat setelah berolahraga diluar ruangan yang dipenuhi oleh allergen dan udara panas/kering maka masuklah ke kolam renang untuk menghindari serangan asma pasca olahraga di luar ruangan. Aktivitas berenang memungkinkan Anda berolahraga pada lingkungan udara lembab yaitu di kolam renang. Olahraga ini dapat membantu mengurangi gejala Asma, bahkan bagi Anda yang tidak terkena asma olahraga ini sangat baik karena mampu menambah kapasitas paru-paru Anda sehingga tarikan nafas bisa menjadi lebih panjang.

Mengurangi Stress
Renang dengan karakteristiknya yang menyenangkan terbukti mampu dalam mengurangi stress. Gerakan renang yang membangkitkan respon relaksasi seperti halnya yoga dan adanya hormon endorphin yang terlepas saat kita merasa bahagia mengakibatkan stress semakin menjauh. Peregangan yang kosntan dan dikombinasikan dengan pola pernafasan yang berirama membuat seolah Anda berada dalam keadaan meditasi. Ditambah dengan suara nafas Anda dan juga suara percikan air kolam membuat aktifitas renang mampu membuat orang lupa akan kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

Memperpanjang Umur
Diakui bahwa orang dengan usia 20-90 tahun yang melakukan aktivitas renang secara rutin memiliki resiko kematian 50% lebih rendah daripada pelari, pejalan kaki dan apalagi orang yang tidak berolahraga. Setidaknya hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan peneliti di University of South Carolina terhadap 40.547 orang yang dijadikan objek penelitian. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa manfaatnya akan dirasakan sama baik oleh laki-laki maupun perempuan. Jadi mulai sekarang masukkan aktivitas renang sebagai bagian dari kebutuhan olahraga Anda, tidak hanya membawa dampak kesehatan melainkan juga bisa memperpanjang usia harapan hidup Anda!

Selamat berolahraga renang!

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s