Cara Mengkonsumsi Buah yang Baik

buah4
Sudah lazim dan diketahui oleh banyak orang, buah merupakan makanan penting untuk melengkapi kebutuhan gizi kehidupan sehari-hari. Berbagai cara mengkonsumsi buah dengan berbagai penyajian agar lebih mudah, lebih menarik dan bisa lebih tahan lama. Ada yang dibuat jus, dibuatkan salad, di jadikan buah kering atau juga di konsumsi secara langsung.

Kembali kepada sesuatu yang alami pasti tentunya lebih baik, begitupun dengan mengkonsumsi buah. Buah segar lebih baik di konsumsi ketimbang buah yang sudah diolah menjadi buah dalam kaleng, buah yang dikeringkan atau bahkan buah yang dijadikan jus. Buah dalam kaleng, yang tujuannya adalah untuk membuat buah menjadi lebih awet dan lebih mudah dalam penyimpan, dalam proses pembuatannya akan melalui proses pemanasan yang bertujuan men-sterikan agar tidak ada kuman-kuman yang mampu tumbuh. Pada proses ini berbagai vitamin dalam buah sudah berkurang. Selain itu buah dalam kaleng sudah sudah pasti mengandung bahan pengawet, baik pengawet alami atau sintetis sehingga hal iti tidak begitu baik untuk kesehatan.

Buah yang dijadikan jus, dibuat dengan menghancurkan buah menggunakan blender atau alat pembuat jus. Dengan metode konsumsi buah seperti ini dapat dipastikan bagian buah menjadi lebih kecil dan sebagian serat-seratnya juga ikut hancur. Hal ini mengakibatkan adanya cairan dan beberapa nutrisi yang berkurang. Serat yang hancur sebelum dikonsumsi ini sangat merugikan karena serat dalam pencernaan serat bermanfaat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Serat juga berfungsi dalam melancarkan pembuangan, menyerap gula lebih lama sehingga kenaikan atau penurunan gula darah dalam tubuh tidak drastis sehingga menghindarkan penyakit diabetes.

Agar manfaat buah sepenuhnya dapat diperoleh, disarankan mengkonsumsi buah dalam keadaan segar dan seutuhnya. Untuk lebih mengoptimalkan manfaat mengkonsumsi buah berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan :

• Konsumsilah buah pada waktu perut Anda masih kosong. Anda dapat melakukannya kapanpun sepanjang hari asalkan perut masih kosong.
• Beri jeda waktu 30 menit setelah Anda mengkonsumsi buah sebelum mengkonsumsi makanan lainnya. Hal ini untuk member kesempatan nutrisi buah terserap dengan baik sebelum tercampur dengan makanan lain.
• Setelah makan, biarkan setidaknya tiga jam sebelum Anda makan buah lagi. Hal ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya dimakan telah meninggalkan lambung.
• Waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah adalah sebelum siang hari, dalam kondisi dimana perut sudah siap menerima makanan dan perut sudah mulai terasa lapar.
• Hindari makan buah bersamaan dengan makanan lain. Cara terbaik memakan buah adalah dimakan sendiri tanpa makanan pendamping lainnya.
• Hindari makan buah sebagai makanan penutup, karena dengan cara ini manfaat buah tidak akan diperoleh bahkan hampir sia-sia.
• Hindari makan buah yang membuat pencernaan bekerja berat di pagi hari, seperti pisang dan alpukat. Pisang dan alpukat dapat dimakan setelah tengah hari ketika tubuh dalam siklus pencernaan yang sesuai.
• Jika Anda merasa lapar saat pagi hari, makanlah buah dan Anda dapat terus makan buah sampai tingkat gula darah Anda kembali normal, sehingga rasa lapar Anda menghilang.

Demikian beberapa tips mengkonsumai buah yang baik. Menjaga pola hidup sehat termasuk pola mengkonsumsi buah di dalamnya akan membantu Anda memelihara kesehatan tubuh Anda.

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s