Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

kopiBagi sebagian orang kopi sudah merupakan minuman wajib dan merupakan bagian dari gaya hidup sehari-hari. Satu hari rasanya tidak lengkap tanpa minum kopi. Dibalik kebiasaan ini ada manfaat dan juga bahaya minum kopi terutama jika dikonsumsi berlebihan. Simak beberapa di antaranya sebagai berikut :

Mempercepat Detak Jantung
Harvard Health Publication menyatakan bahwa resiko kesehatan meminum kopi adalah peningkatan signifikan pada detak jantung manusia. Kopi bertindak sebagai stimulan saraf pusat, yang pada gilirannya akan menyebabkan jantung memompa lebih cepat. Bahkan para ahli memperingatkan kepada pengidap penyakit gelaja serangan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi agar mengurangi minum kopi tidak lebih dari satu cangkir kopi per hari.

Meningkatkan Asam Lambung
Dalam penelitian lain tentang bahaya kopi menyebutkan bahwa salah satu penyebab penyakit maag, tukak lambung dan tukak usus halus adalah karena mengkonsumsi kopi berlebihan. Kopi menyebabkan meningkatnya asam lambung sehingga kopi patut dihindari bagi para penderita penyakit ini.

Mengundang Serangan Jantung atau Stroke
Mengkonsumsi kopi lebih dari 5 gelas sehari dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat pada tubuh sehingga darah menjadi lebih pekat, sehingga menyebabkan pengendapan lemak, penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya mengundang serangan jantung dan stroke. Hal ini disampaikan dalam Jurnal of Neurology tahun 2002.

Insomnia atau Susah Tidur
Efek utama kopi yang terjadi pada sistem saraf pusat adalah rangsangan yang menyebabkan meningkatnya kewaspadaan dan juga kesadaran. Sehingga hal inilah yang menyebabkan penggemar kopi akan lebih sulit untuk tidur. Tidak jarang berujung kepada penyakit insomnia yang berkepanjangan.

Mudah Keguguran pada Wanita Hamil
Dalam sebuah penelitian di Swedia yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Sven Cnattingius dari Karolinska Institute menyimpulkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi 100 mg kafein/hari akan lebih mudah mengalami keguguran. Tidak hanya kopi, segala jenis makanan yang mengandung kafein disarankan dihindari oleh wanita hamil. Hal ini karena kafein mampu meningkatkan detak jantung yang dapat mempengaruhi janin dan menyerang plasenta serta masuk ke dalam sirkulasi darah janin.

Dehidrasi
Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena memicu Anda untuk lebih banyak mengeluarkan urin, sehingga menyebabkan tubuh banyak kehilangan cairan. Dehidrasi ditandai dengan warna gelap dalam urin. Menurut pakar diet klinis di New York Presbyterian Hospital, Amy Gross, MPH, RD, CND, sebenarnya Anda tidak akan mengalami dehidrasi hanya dengan mengkonsumsi kafein, bila mengkonsumsinya tidak lebih dari 500 mg/hari atau setara dengan 5 cangkir. Jadi batasi minum kopi, maksimal 2 gelas sehari.

Mudah Berhalusinasi dan Berkeringat
Menurut penelitian di Inggris disebutkan bahwa orang yang mengkosumsi kopi instan lebih dari 7 cangkir sehari memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar berhalusinasi. Selain itu kopi juga mampu meningkatkan produksi keringat. Hal ini karena kopi mampu merangsang sistem kelenjar saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat sehingga makin tinggi kandungan kafein yang dikonsumsi akan semakin banyak keringat yang keluar.

Dibalik Bahayanya, ada juga beberapa manfaat minum kopi sebagai berikut :

Mengurangi Resiko Diabetes Tipe Dua
Menurut penelitian Universitas Harvard yang telah melakukan penelitian tentang kopi selama 18 tahun dan melibatkan 126 ribu orang, Meminum kopi 1-3 cangkir sehari dapat mengurangi resiko diabetes hingga 10%, sedangkan konsumsi lebih dari 6 cangkir sehari akan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe dua sebanyak 54% untuk pria dan sekitar 30% untuk wanita.

Mengurangi Resiko Beberapa Penyakit Lain
Enam kelompok studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur mampu mengurangi resiko penyakit Parkinson sebanyak 60%. Bagi mereka yang tidak meminum kopi, justru terkena resiko penyakit kanker kolon, sirosis hati dan juga batu empedu. Bagi pria, meminum kopi mampu membuat ‘sperma’ berenang lebih cepat dan meningkatkan kesuburannya. Setidaknya hal inilah yang disampaikan dari sebuah penelitian di San Antonio, Brazil. Selain itu kopi juga mampu mengurangi sakit kepala serta penyakit asma. Pada penderita asma, kopi membantu melebarkan saluran bronchial sehingga pernafasan kembali lega.

Mengimbangi Resiko Buruk Merokok
Selain manfaat mengurangi resiko beberapa penyakit, mengkonsumsi kopi juga mampu mengimbangi efek buruk bagi perokok dan juga peminum berat. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang perokok dan peminum berat akan memiliki resiko penyakit jantung dan gangguan lever lebih rendah jika memiliki kebiasaan meminum kopi secara teratur. Namu tentunya hal ini bukan merupakan justifikasi Anda untuk tetap merokok dan minum minuman beralkohol ya!

Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan anti oksidan pada kopi mampu membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Fakta baru ditemukan oleh Fulgencio Saura-Calixto dan M. Elena Diaz-Rubio dalam ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry, menyebutkan bahwa kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik. Setiap cangkir kopi hampir mengandung 2 gram serat yang mudah larut. Bahkan kandungan serat dalam kopi ini lebih tinggi jika dibandingkan minuman lain seperti jus anggur maupun jus jeruk.

Mengurangi Depresi
Tentu saja kandungan kafein yang membuat kita tetap sadar akan mampu mengurangi depresi. Efek ini juga disebabkan karena adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi. Dalam sebuah penelitian di Brazil menyebutkan bahwa anak-anak diperbolehkan meminum kopi dengan kadar yang cocok untuk usianya untuk mengurangi depresi. Kenyataannya dalam penelitian menunjukkan bahwa meminum 1-2 cangkir kopi bagi anak-anak terbukti efektif mengurangi depresi, walaupun ada efek lain yang menyebutkan meminum kopi dapat menghambat pertumbuhan seseorang.

TIPS MINUM KOPI YANG BAIK

Jangan menambah gula terlalu banyak. Jika kopi terasa pahit disarankan menambahkan krim atau susu. Rasa pahit yang ditimbulkan kopi sebenarnya tidak akan lama, hanya sekitar 15 detik dalam tenggorokan.

Minum kopi bersama dengan makan kue. Hal ini untuk menetralisir rasa pahit kopi bagi orang yang tidak suka pahit.

Teguklah kopi seperti minum anggur. Pertama-tama cium aromanya, kemudian saat minum jangan langsung di telan melainkan di kulum untuk di kecap dalam mulut. Karena caranya seperti itu, para penikmat kopi jarang ada yang merokok.

Konsumsilah kopi dengan kadar Kafein yang rendah (Dekafeinasi). Hal ini cocok bagi Anda yang sensitive dengan kafein namun pecinta kopi.

Sesuaikan dosis minum kopi dengan tubuh Anda. Belum ada ukuran dosis aman kopi untuk dikonsumsi yang aman. Biasanya 300 mg kafein (sekitar 3 cangkir kopi) belum memberikan efek negatif bagi orang sehat.

Kenali sinyal Bahaya Kopi. Hal ini agar Anda bisa memutuskan kapan saatnya berhenti minum kopi. Sinyal bahaya yang mudah dikenali : jantung berdebar, mudah gelisah, susah tidur dan mood yang jelek (mudah marah dsb).

Dengarkan respon tubuh Anda. Hal ini karena setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi kafein. Kebanyakan orang mampu mengkonsumsi kopi 2 cangkir sehari tanpa mengalami masalah, namun ada beberapa orang yang mendapatkan efek susah tidur pada dosis yang sama. Solusi terbaik adalah merasakan respon tubuh Anda sendiri.

Selamat menikmati Kopi!

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s