Faktor-faktor yang Menyebabkan Diet Gagal

Gagal-Diet1

Banyak orang yang memutuskan melakukan diet agar mencapai berat badan ideal dan lebih sehat. Namun banyak dari mereka yang mengalami kegagalan. Mengapa bisa gagal? Faktor-faktor apa saja yang menyebabkannya? Berikut dibahas mengenai beberapa hal yang menyebabkan diet bisa gagal :

1. Pola Diet yang Salah
Diet dengan tidak makan seharian adalah salah. Hanya mengganti makanan dengan buah dan sayuran sepanjang hari juga salah. Yang benar adalah memperhatikan kebutuhan asupan secara ideal. Energi tetap penting untuk bergerak. Pilih sumber energi yang lebih ‘long lasting’ seperti protein, jangan fokus pada karbohidrat. Makanan bernutrisi tinggi dan lengkap sangat dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan diet Anda. Jangan sampai diet Anda gagal karena Anda sakit dan pada akhirnya memutuskan untuk tidak berdiet sama sekali.

2. Tidak Disiplin
Dalam menjalankan diet tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan semangat untuk berhasil mencapai tubuh yang ideal. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan kita terutama dalam mengubah pola konsumsi dan kebiasaan sehari-hari seperti ‘ngemil’, minum bersoda, komsumsi makanan manis dan sebagainya. Tidak adanya disiplin dan kemauan dari diri yang kuat merupakan faktor terbesar kegagalan diet.

3. Kurang Minum Air Putih
Kekurangan minum air putih dalam proses diet menyebabkan proses tubuh dalam pembakaran lemak sampai dengan pembuangan tidak akan berjalan sempurna. Air putih disini berperan dalam melancarkan proses pembakaran lemak, pengantaran sisa lemak sampai dengan pembuangan lemak. Biasakan minum air putih minimal 5% berat badan atau sekitar 3 liter sehari, lebih banyak lebih baik.

4. Konsumsi Obat-Obatan
Obat-obatan dalam hal ini yang ada kaitannya dengan hormon seperti pil KB, hormon estrogen dan obat-obatan lain yang dipastikan menyebabkan kegemukan. Efeknya bisa saling terbalik, program Anda bertujuan menurunkan berat badan sedangkan obat-obatan ini akan menaikkannya. Jika Anda ingin berdiet hindari mengkonsumsi obat-obatan ini kecuali obat untuk menyembuhkan penyakit dan sejenisnya.

5. Tidak Mengikuti Program Dengan Benar
Jika diet ingin berhasil maka ikuti program sebagai berikut :
a. Minum Shake sebagai pengganti makan pagi dan makan malam. Makan siang bebas seperti biasa namun dianjurkan untuk tidak berlebihan. DILARANG NGEMIL, jika Anda masih merasa lapar bisa menambah konsumsi shake. Shake tidak menyebabkan gemuk dan nutrisi Anda tetap terjaga selama program, jangan takut lemas.
b. Gunakan shake untuk pengganti makan pagi, siang dan malam. Jika Anda memilih opsi kedua ini maka wajib mengkonsumsi sayur dan buah sebagai makanan tambahan. Dengan cara ini penurunan berat badan bisa mencapai 10 kg dalam sebulan.

6. Tetap Mengkonsumsi Alkohol, Gula, Lemak dan Garam
Anda menjalankan progam diet tetapi tetap mengkonsumsi kopi atau teh manis di pagi hari. Ingat bahwa kopi dan teh manis mengandung gula. Lebih baik mengganti minuman Anda dengan Teh Herbal Concentrate. Selain rasanya segar, mampu juga membantu membakar lemak Anda lebih cepat. Hindari juga makanan gorengan (dimana minyak pada gorengan merupakan sumber lemak) dan juga makanan yang berkadar garam tinggi agar diet Anda berhasil.

7. Tidak Mencatat Kemajuan
Seringkali Anda merasa gagal dalam berdiet karena tidak memperhatikan kemajuan Anda. Biasanya hanya fokus pada berat badan. Ingat bahwa berat badan bukan satu-satunya faktor keberhasilan diet. Menjadi langsing tidak harus turun berat badan, karena bisa jadi ini adalah permainan komposisi lemak dan protein tubuh. Lemak berkurang banyak namun protein bertambah sedikit. Berat jenis lemak lebih kecil dari berat jenis protein sehingga lemak lebih membutuhkan ruang yang banyak daripada protein. Ukur lingkar lengan, lingkar perut dan juga lingkar paha sebagai data tambahan selain berat badan. Jangan lupa catat dan lihat kemajuannya setiap saat.

8. Melupakan Faktor Pendukung Sukses Diet
Motivasi dari keluarga, lingkungan yang sehat serta rajin berolahraga merupakan faktor pendukung yang tidak boleh dilupakan demi keberhasilan program diet. Anda mungkin telah berhasil menurunkan berat badan selama program tapi belum tentu mampu mempertahankannya jika kondisi sekitar membawa Anda kembali ke pola hidup semula. Pertahankan berat badan ideal Anda dengan lingkungan dan motivasi yang sehat dan juga lengkapi dengan olahraga yang teratur.

Semoga bermanfaat

-dari berbagai sumber-

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s