Diet Berdasarkan Golongan Darah

diet-dengan-golongan-darah

Kondisi darah dengan asupan makanan sangat berkaitan satu sama lain, kandungan makanan yang masuk kedalam tubuh tersebut akan bereaksi secara kimia dengan darah dan jenis makanan tertentu akan memilik reaksi spesifik tergantung jenis atau golongan darah. Beberapa penelitian antara hubungan golongan darah dengan makanan sudah dilakukan sehingga dengan mengetahui golongan darah akan membantu kita menentukan jenis diet apa saja yang baik dan cocok.

Berikut kami rangkuman jenis-jenis diet yang disarankan berdasarkan jenis golongan darah Anda

Golongan darah O

Jenis diet bagi orang bergolongan darah O dibagi menjadi tiga jenis, yaitu jenis diet yang baik, netral dan diet yang harus dihindari. Orang yang memiliki golongan darah O memiliki saluran pencernaan yang baik dan sistem kekebalan tubuh yang baik, mereka juga memiliki pertahanan alami yang kuat terhadap infeksi. Makanan yang termasuk ke dalam kategori baik bagi golongan darah O adalah jenis makanan penyembuh berupa sayuran hijau, makanan berkadar protein tinggi dan seafood. Meskipun orang bergolongan darah O dapat mengkonsumsi berbagai jenis sayur, namun disarankan mengkonsumsi daun seledri, jagung, bunga kol, pisang, kelapa, alpukat dan strawberry. Hindari jenis sayuran berupa terong, kentang, jamur dan tauge serta sayuran mengandung yang lektin. Hal ini untuk menghindari resiko gangguan lambung, alergi dan nyeri sendi, karena jenis-jenis makanan tersebut bisa merupakan racun atau bisa merugikan bagi orang bergolongan darah O. Selain itu golongan darah jenis ini bisa juga mengkonsumsi makanan netral yang tidak mempengaruhi diet seperti daging unggas, ikan sarden, ikan tuna, ikan mas serta telur ayam dan bebek.

Melakukan jenis olahraga kardio secara rutin seperti jogging, berenang atau bersepeda sangat disarankan bagi orang bergolongan darah O karena mampu memberikan kesegaran tubuh, cocok juga melakukan olahraga berat seperti angkat beban.

Golongan darah A

Orang yang memiliki golongan darah A memiliki metabolisme yang sangat rendah, selain itu faktor stress juga sangat dominan sehingga disarankan orang dengan golongan darah ini menghindari stress agar tidak adanya faktor hormonal akibat stress yang mempengaruhi asupan makanan. Orang dengan golongan darah A sangat cocok menjadi vegetarian, disarankan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur ketimbang makan daging merah, daging bebek, kelinci, seafood seperti udang, cumi, lobster serta makanan yang mengandung lemak tinggi seperti keju, susu, es krim, dan makanan tinggi karbohidrat seperti ubi. Adapun buah-buahan yang disarankan berupa delima, strawberry atau kiwi. Orang dengan golongan darah ini juga dapat menambahkan makanan pengganti nasi dengan roti gandum atau beberapa makanan yang mengandung kalori seperti kurma.

Makanan netral masih bisa dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah A seperti ikan tuna, telur, roti gandum, kurma dan daging ayam. Makanan netral ini tidak berpengaruh signifikan terhadap tubuh. Sedangkan untuk olahraga, orang dengan golongan darah ini disarankan melakukan olahraga santai seperti berjalan, tai chi, atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit sehari.

Golongan darah B

Orang dengan golongan darah B memilki antibodi yang paling tinggi diantara golongan darah lain, sehingga orang dengan golongan darah B umumnya jarang terserang penyakit. Disarankan untuk mengkonsumsi aneka ikan laut, olahan susu seperti keju dan yoghurt, brokoli, terong dan wortel.

Orang dengan golongan darah B agar menghindari makanan olahan daging ayam, daging bebek, kacang tanah, olahan gandum, alpukat, jagung, belimbing, pir dan air soda karena dapat memperbesar resiko penggumpalan darah dan serangan jantung. Sementara jenis makanan lain seperti daging sapi, cumi-cumi, mentega, telur ayam dan kacang merah bersifat netral untuk golongan darah ini. Olahraga yang disarankan adalah olahraga moderat seperti dance atau balet.

Golongan darah AB

Golongan darah AB merupakan golongan darah perantara A dan B yang merupakan jenis golongan darah yang unik. Orang dengan golongan darah AB cenderung mudah beradaptasi sehingga mampu menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan. Disarankan orang dengan golongan darah ini mengkonsumsi buah dan sayur secara seimbang.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, disarankan mengkonsumsi susu kambing, ikan tuna, krim asam rendah kalori dan buah anggur merah. Sedangkan telur bebek, kepiting , buah pisang dan air soda disarankan tidak dikonsumsi. Penyakit sendi dan radang tulang harus diwaspadai orang dengan golongan darah ini, salah satunya dengan melakukan olahraga dengan intensitas sering misalnya jogging ringan, pilates dan yoga.

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s