Yuk, Hitung Kalori dalam Aktivitasmu

bakar kalori 2

Kalori merupakan sumber energi yang membuat kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Kalori juga dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan fungsinya, termasuk melakukan regenerasi pada sel-selnya. Kalori diperoleh dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh setelah melalui proses yang panjang. Aktivitas yang berbeda memiliki jumlah kalori yang berbeda pula. Tidak selalu aktivitas sederhana membutuhkan jumlah kalori yang sedikit, dan juga sebaliknya tidak selalu aktivitas yang kompleks membutuhkan jumlah kalori yang banyak.

Bagi sebagian orang yang mengalami kelebihan berat badan, melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak kalori menjadi salah satu cara untuk menurunkan kelebihan berat badan. Prinsipnya kelebihan kalori yang tersimpan dalam tubuh harus dikeluarkan dan menjaga agar kalori yang masuk dalam tubuh jumlahnya lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan. Kelebihan kalori inilah yang dibuang dengan cara melakukan aktivitas tertentu, aktivitas yang cenderung berat dan membutuhkan banyak kalori disebut disebut olahraga. Berikut jumlah kalori yang dibutuhkan pada setiap kegiatan ataupun olahraga yang dihitung dengan satuan kelori per kilogram berat badan per jam :

Olahraga dayung                      9,3 kal/kg/jam

Jalan kaki 8 km/jam               8,3 kal/kg/jam

Renang 3 km/jam                    7,9 kal/kg/jam

Lari                                             7,0 kal/kg/jam

Main Tenis                                5,0 kal/kg/jam

Tenis Meja                                4,4 kal/kg/jam

Berkebun                                   3,9 kal/kg/jam

Menari                                       3,8 kal/kg/jam

Bersepeda                                 2,5 kal/kg/jam

Jalan kaki 5 km/jam              2,0 kal/kg/jam

Menyapu lantai                       1,5 kal/kg/jam

Main golf                                  1,5 kal/kg/jam

Main piano                              1,4 kal/kg/jam

Mencuci baju                          1,3 kal/kg/jam

Menyetrika baju                     1,0 kal/kg/jam

Mencuci piring                       1,0 kal/kg/jam

Mengetik cepat                       1,0 kal/kg/jam

Mengendarai mobil               0,9 kal/kg/jam

Mengganti baju                      0,7 kal/kg/jam

Main biola                               0,6 kal/kg/jam

Membaca dgn lantang          0,4 kal/kg/jam

Berdiri                                     0,4 kal/kg/jam

Makan                                     0,4 kal/kg/jam

Melukis                                   0,4 kal/kg/jam

Tidur-tiduran                        0,1 kal/kg/jam

Sebagai contoh perhitungan orang dengan berat badan 50 kg yang bermain tenis selama empat jam tanpa henti akan membutuhkan kalori sejumlah 50 x 5 x 4 = 1000 kalori atau hampir setara dengan 1-2 porsi makan. Seseorang dengan berat badan 50 kg yang ingin membakar 1000 kalori jika hanya melakukan tidur-tiduran membutuhkan waktu selama 1000/50/0,1 = 200 jam.

Sekarang Anda bisa menghitung sendiri dan memilih jenis aktivitas yang Anda inginkan untuk membakar kelebihan kalori Anda. Selamat mencoba!

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s