Jenis Diet Populer di Indonesia

metode diet

Kelebihan berat badan masih merupakan masalah besar bagi sebagian orang. Selain karena kegemukan identik dan sangat rentan terhadap berbagai penyakit juga karena berpengaruh terhadap penampilan. Berbagai upaya dan tata cara diet banyak dilakukan terutama di kalangan wanita sehingga berkembanglah berbagai macam metode diet. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa metode diet yang cukup popular, berikut diantaranya :

Metode Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

Metode diet OCD pertama kali di deklarasikan oleh Deddy Corbuzer. Dalam diet ini tidak ada larangan dalam mengkonsumsi apapun, alias boleh makan apapun sesuka hati. Yang menjadi kunci diet ini hanya satu yaitu tidak boleh makan berlebihan. Metode ini identik dengan berpuasa, dimana pelaku diet boleh makan selama 4, 6 atau bahkan 8 jam dalam satu hari namun diluar waktu tersebut pelaku diet tidak diperkenankan makan kecuali hanya minum air putih. Dalam masa puasa tidak ada kalori yang boleh masuk ke tubuh.

Dalam diet ini makan pagi tidak diperbolehkan, alasannya makan pagi justru menghambat kesempatan pembakaran lemak saat mulai beraktivitas di pagi hari setelah puasa tidur. Sedangkan makan malam justru dianjurkan karena makan malam akan dibakar saat kita tidur. Menurut Deddy hal ini tidak menjadi masalah.

Metode Diet Food Combining

Metode ini tidak membatasi jumah asupan makanan ke dalam tubuh, prinsipnya adalah tetap mengikuti standar pola makan 4 sehat. Hanya saja food combining mempertimbangkan juga efektivitas penyerapan zat gizi dan zat fitokimiawi nirgizi dalam makanan sehingga asupan makanan akan diatur berdasarkan siklus alami tubuh. Metode diet ini tidak mencampurkan konsumsi karbohidrat dan protein dari unsur hewani dalam jumlah yang sama banyak karena akan memperberat kinerja system pencernaan.

Food combining sudah diterapkan sejak 2000 tahun yang lalu oleh orang-orang Esseni di Palestina. Namun pola diet ini baru mendunia sejak diperkenalkan oleh dr. William Howard Hay, seorang ahli bedah ternama AS pada tahun 1920, sehingga metode ini juga dikenal sebagai Hay System Diet.

Metode Diet Makan Tanpa Rasa

Metode diet tanpa rasa juga tidak membatasi makanan yang masuk ke dalam tubuh, namun syaratnya hanya satu yaitu makanan tersebut harus tanpa rasa. Biasanya pelaku metode diet ini akan mengkonsumsi makanan yang diolah degan cara direbus.

Metode Diet Makan Nasi Merah dan Dada Ayam

Metode lain yaitu dengan diet mengkonsumsi nasi merah dan dada ayam. Metode ini baru popular sekitar 2-3 tahun belakangan, dimana si pelaku diet justru dianjurkan untuk sering makan. Akan tetapi jenis makanan yang di konsumsi tidak boleh sembarangan, yaitu disarankan nasi merah dan dada ayam atau ikan. Selain itu buah-buahan dan sayuran juga tetap disarankan untuk dikonsumsi sebagai pelengkap.

Metode Diet Tanpa Nasi

Metode ini merupakan metode yang paling popular, yaitu metode diet tanpa mengkonsumsi nasi.  Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat terbesar dalam pola konsumsi masyarakat Indonesia, yang notabenenya disinyalir menjadi penyebab kegemukan dan diabetes. Oleh sebab itu dalam diet ini sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pengganti nasi, pelaku diet biasanya mengkonsumsi kentang rebus, jagung atau nasi merah.

Tentu saja terdapat kekurangan dan kelebihan dari berbagai metode diet diatas. Bagi Anda yang berniat menjalankan diet sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan. Karena pada dasarnya diet untuk satu orang dengan orang lainnya berbeda dikarenakan perbedaan status kesehatan orang tersebut, sehingga sangat dianjurkan menentukan metode diet dengan mengobservasi keadaan diri Anda terlebih dahulu. Hal ini penting agar jangan sampai metode diet yang dipilih malah menyebabkan penyakit dan kerugian lain bagi tubuh Anda.

-dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s